Kumpulan, Contoh, Surat, Izin, Jalan, Keterangan, Kuasa, Lamaran Kerja, Penawaran, Pengunduran Diri, Perjanjian, Permohonan, Pernyataan, Resmi, Undangan, Bahasa Inggris, Dinas, Cinta, Penolakan, Pengiriman, Niaga, Perdagangan, Penagihan

Pengertian Macam Jenis Fungsi Tujuan Surat



Pengertian Surat adatah sehelai kertas atau lebih yang digunakan sebagai atat komunikasi untuk menyampaikan pernyataan maupun informasi secara tertulis dari pihak satu kepada pihak yang lain. lnformasi tersebut bisa herupa pemberitahuan, pernyataan, pertanyaan, permintaan, laporan, penlikiran, sanggahan, dan lain sebagainya. Penyampaian secara tertulis itu menggunakan bahasa yang disebut bahasa surat. Bahasa surat adatah bahasa yang dilahirkan secara tertulis, baik, indah, rapi, sopan, ramah- mmah.
Dibandingkan dengan alat komunikasi modern seperti tetepon, teleks, telegraf, radio, dan televisi, surat tetap memunyai Kelebihan Surat tersendiri karena merupakan sarana yang dapat merekam informasi dengan cara panjang lebar, terperinci, tetapi tetap ekonomis. Kelebihan surat lainnya adalah surat bersifat praktis karena dapat menyimpan rahasia, etektif karena informasi yang disampaikan itu asli sesuai dengan sumbernya, ekonomis karena biaya pembuatan dan pengirimannya sangat murah.

Macam Macam Fungsi Surat

Fungsi surat yang aktif dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Sebagai wakil atau duta si penulis atau si pengirim surat. Di sini, surat berperan sebagai pembawa misi dan pesan-pesan yang mewakili
penulisnya. Dengan demikian, surat dapat menghemat pemakaian tenaga manusia serta menghemat biaya. Karena sifatnya sebagai duta atau wakil, surat harus ditulis dengan teliti, praktis, sistematis, clan_ seobjektif mungkin. 

Maksud dan tujuan surat tersebut harus jelas, sopan, serta menarik. Oleh sebab itu, sebaiknya surat dikonsep atau ditulis oleh orang yang berpengetahuan luas dalam bahasa tulis, menguasai permasalahan yang hendak ditulis, dan memiliki pengetahuan tentang surat menyurat (korespondensi dan administrasi). Karena surat merupakan atat komunikasi tertulis, is juga dapat dijadikan sebagai bahan bukti hitam di atas putih yang memunyai kekuatan hukum seperti kuitansi, bukti tanda terima, faktur, surat perjanjian yang dapat dijadikan bahan bukti sebagaimana yang bisa dilakukan dalam dunia bisnis (perniagaan). 

Referensi dalam merencanakan atau menindaklanjuti suatu aktivitas surat-surat yang diarsipkan merupakan sumber data yang diperlakukan dalam perencanaan dan penindakianjutan suatu aktivitas atau pemprograman. Berdasarkan pengalaman-pengalaman masa lalu, sebuah organisasi atau badan usaha dapat bertindak lebih lanjut dan tidak kehilangan arah dengan adanya surat-menyurat dan kearsipan, serta data-data.

•     Alat pengikat. Sesuatu yang terlupakan dalam kegiatan masa lalu dapat dilihat dan ditinjau kembali.
•    Alat untuk memperpendek jarak, penghemat tenaga atau waktu. Sesuatu yang harus dikunjungi jika tidak begitu penting dapat dihubungi dengan memakai surat saja.
•    Bukti sejarah dan kegiatan suatu organisasi atau badan usaha.
•    Jaminan keamanan, misalnya surat jalan.
•    Alat promosi pihak pengirim (dalam surat menyurat bisnis). Biasanya, promosi ini dilakukan dengan logo atau kop surat yang tertera di sampul luar ataupun lembaran isi pada surat yang dikirimkan.

Macam Macam Sifat Surat

Dari segi isinya, surat mempunyai sifat sebagai berikut.
  1. Surat dinas adalah surat yang memuat persoalan kedinasan dan
  2. Surat pribadi adalah surat yang isinya bersifat kekeluargaan,persahabatan, dan perkenalan. Surat pribadi juga ada yang bersifat resmi, yaitu surat tamaran kerja atau surat permohonan.
  3. Surat niaga adalah surat yang memuat persoalan niaga yang dibuat oleh perusahaan-perusahaan atau badan usaha yang bersifat dagang.
  4. Surat sosial adalah surat yang dibuat oleh berbagai lembaga sosial dan yayasan-yayasan sosial. Telegram adalah berita yang pengirimannya disalurkan melalui pesawat morse, teleks, ataupun teleprinter.
  5. Surat kawat adalah surat yang ditulis dengan gaya bahasa telegram dan digunakan untuk ucapan selamat ulang tahun, hari raya, hari Natal, dan ucapan-ucapan selamat lainnya.Surat pengantar adalah surat pengiring untuk suatu pengiriman barang.
Dari segi keamanannya, surat memunyai sifat sebagai berikut.
  1. Rahasia, ditandai dengan RHS atau R.
  2. Sangat rahasia, ditandai dengan SRHS atau SR.
  3. Biasa.
Dari segi penyelesaian atau kecepatan pengirimannya, surat memunyai sifat sebagai berikut.  
  1. Sangat segera atau kilat.
  2. Segera.
  3. Biasa.
Dari segi jumlah penerimanya, surat memunyai sifat sebagai berikut. 
  1. Surat biasa (untuk satu orang/organisasi/pejabat).
  2. Surat edaran (untuk beberapa orang/organisasi/pejabat).
  3. Surat pengumuman untuk sekelompok masyarakat.
Dari segi prosedur pengurusannya, surat memunyai sifat sebagai berikut.
  1. Surat masuk.
  2. Surat keluar.
Dari segi jangkauannya, surat memunyai sifat sebagai berikut. Surat intern.
  1. Surat ekstern.

Tujuan Membuat Surat

Bermacam-macam tujuan orang yang menulis dan mengirim surat. Ada yang bertujuan untuk niaga atau dagang dan ada pula yang hanya bertujuan untuk menyampaikan berita yang sifatnya pribadi
(kekeluargaan dan pernyataan rasa sayang)
Secara singkat, bisa kita sebutkan tujuan membuat surat, yaitu sebagai berikut.
•    Sebagai pemberitahuan.
•    Sebagai surat perintah.
•    Sebagai permohonan atau permintaan.
•    Surat susulan.
•    Surat peringatan atau teguran.
•    Surat panggitan.
•    Surat pengantar.
•    Surat keputusan.
•    Surat perjanjian.
•    Surat laporan.
•   Surat dagang: surat permintaan penawaran, surat penawaran, surat pesanan, surat tagihan, Surat klaim, dan lain-lain.

Demikianlah dari Pengertian Surat, Macam Jenis Surat, dan Macam Tujuan Surat semoga bermanfaat kepada pembaca semua, sekian dari saya Sista Nafi pemilik Web SuratdanLowongan.Tk

     Saya akan berterimakasih sekali kepada anda jika anda berkenang untuk meluangkan waktu untuk melihat iklan yang tersedia. Terimakasih banyak atas kunjungannya salam Sista Nafi.
Silahkan Lihat Di Bawah Ini Mungkin Bermanfaat Bagi Anda:
Share Fb
Share G+
Tags :