Kumpulan, Contoh, Surat, Izin, Jalan, Keterangan, Kuasa, Lamaran Kerja, Penawaran, Pengunduran Diri, Perjanjian, Permohonan, Pernyataan, Resmi, Undangan, Bahasa Inggris, Dinas, Cinta, Penolakan, Pengiriman, Niaga, Perdagangan, Penagihan

Surat Lamaran Kerja Adalah ???



Pengertian Surat Lamaran Kerja

Surat Lamaran kerja adalah surat permohonan yang dibuat oleh pencari kerja (pelamar pekerjaan), untuk kemudian dikirimkan kepada suatu badan usaha atau instansi guna mendapat pekerjaan atau jabatan yang sesuai dengan lowongan pekerjaan yang ditawarkan. Pada umumnya, mereka (pencari kerja) mendapat informasi adanya lowongan pekerjaan tersebut dari media massa (koran, majatah, dan lainnya) atau bisa juga diberitakan keluar melalui pegawai/karyawan dari badan usaha atau instansi yang bersangkutan. Salah satu persyaratan bagi pencari kerja yang ingin bekerja di kantor atau perusahaan tersebut adatah surat Lamaran. Dalam surat Lamaran pekerjaan itu tercantum data pribadi petamar yang disebut kualifikasi pelamar, yang dilengkapi dengan lampiran-lampiran yang dianggap pertu sebagai bahan pertimbangan bagi kantor atau perusahaan yang bersangkutan. 

Surat Lamaran itu kemudian mendapat tanggapan dari pihak yang menawarkan pekerjaan. Tanggapan itu bisa berupa panggilan testing atau wawancara terhadap caton petamar atau penotakan Lamaran. Apabila hasil testing atau wawancara tersebut memenuhi syarat yang diperlukan oteh badan usaha atau instansi yang bersangkutan, pelamar akan dipanggit untuk bekerja. 

Penulisan Lamaran kerja berbeda dengan penulisan surat-surat bisnis lainnya. Ada dua unsur penting yang harus diajukan oteh petamar pekerjaan, yakni surat Lamaran kerja dan daftar riwayat hidup (curriculum vitae)

Surat lamaran kerja memuat keinginan petamar untuk bekerja pada badan usaha atau instansi, sedangkan daftar riwayat hidup merupakan penunjang penting yang memuat informasi mengenai latar belakang pendidikan dan keahlian yang dimiliki petamar tersebut.

Secara umum, surat lamaran dibagi dalam tiga jenis.
1.Surat lamaran yang dikirimkan langsung ke kantor atau perusahaan.
2.Surat lamaran berdasarkan iklan lowongan kerja.
3.Surat lamaran melalui kantor penempatan tenaga kerja.

Dalam menulis surat lamaran kerja, kita harus menggunakan bahasa yang sopan, Letas, dan tidak bertele-tele. Lamaran yang terlalu panjang hingga menghabiskan satu nanfolio lebih akan membuat orang jenuh membacanya, bahkan mungkin tidak akan dibaca sama sekali.

Satu halaman folio adalah ukuran yang normal. Namun, jika ada keterangan yang dianggap perlu diajukan, sebaiknya diletakkan sebagai lampiran. Hal yang terpenting dalam menulis surat lamaran adalah menyampaikan keinginan untuk melamar pekerjaan dengan syarat-syarat yang harus dipenuhi. 

Karena.,surat lamaran adalah visualisasi atau gambaran pribadi pelamar, biasanya surat ini harus ditulis tangan. Surat lamaran dapat ditulis pada kertas folio bergaris, tetapi bisa juga ditulis pada kertas HVS folio polos (tanpa garis), terutama untuk surat lamaran yang diketik. 

Pada umumnya, perusahaan tidak menyukai pelamar yang langsung meminta gaji sesuai dengan pengalaman dan tingkat pendidikannya, kecuali jika diminta oleh perusahaan yang dilamar. Akan lebih sopan rasanya apabila petamar tersebut meminta gaji yang sesuai dengan kebutuhan sehari-hari, seperti biaya pemondokan, biaya sandang dan pangan, ongkos transportasi sehari-hari, dan biaya-biaya lain. 

Jika mengajukan suatu lamaran pekerjaan pada kantor dinas atau departemen pemerintahan, kita tidak perlu menyinggung masalah gaji dalam surat lamaran. Karena di dalam kantor pemerintahan sudah ada ketentuan-ketentuan yang mengatur tentang gaji dan tunjangan bagi pegawai negeri yang pada umumnya semua didasarkan pada jenjang pendidikan yang dibutuhkan.

Silahkan Lihat Di Bawah Ini Mungkin Bermanfaat Bagi Anda :
!
Share Fb
Share G+