Kumpulan, Contoh, Surat, Izin, Jalan, Keterangan, Kuasa, Lamaran Kerja, Penawaran, Pengunduran Diri, Perjanjian, Permohonan, Pernyataan, Resmi, Undangan, Bahasa Inggris, Dinas, Cinta, Penolakan, Pengiriman, Niaga, Perdagangan, Penagihan

Contoh Surat Perjanjian Bagi Hasil



Contoh Surat Perjanjian Bagi Hasil Terbaru - kali ini situs suratcontoh.com akan membahas mengenai tentang bagi hasil atau sama halnya dengan patungan modal dengan berbagi keuntungan terhadap usaha yang dikembangkan atau diusahakan. Dalam pembahasan ini saya akan menjelasakan pengertian tentang bagi hasil terlebih dahulu, lalu bagi bagaimana bentuk atau skema bagi hasil. Selanjutnya surat perjanjian bagi hasil yang dibuat oleh dua belah pihak atau lebih untuk tujuan permbagian hasil keuntungan.

1. Pengertian Bagi Hasil
Bagi hasil merupakan suatu bentuk skema pembiayaan alternatif, yang memiliki karakteristik yang sangat berbeda dibandingkan bunga. Sesuai dengan namanya, skema ini berupa pembagian atas hasil usaha yang dibiayai dengan kredit/pembiayaan. Skema bagi hasil dapat diaplikasikan baik pada pembiayaan langsung maupun pada pembiayaan melalui bank syariah (dalam bentuk pembiayaan mudharabah dan musyarakah). Dalam berkontrak bagi hasil, perlu didesain suatu skema bagi hasil yang optimal, yakni yang secara efisien dapat mendorong entrepreneur (debitur) untuk melakukan upaya terbaiknya dan dapat menekan terjadinya falsifikasi. Sumber : Wikipedia

2. Bentuk Skema Bagi Hasil
  • Profit sharing (disebut pula profit-and-loss sharing), yang dijadikan dasar perhitungan adalah profit, yang merupakan selisih antara penjualan/pendapatan usaha dan biaya-biaya usaha, baik berupa harga pokok penjualan/biaya produksi, biaya penjualan, serta biaya umum dan administrasi. Profit sharing dapat diartikan sebagai sistem pembagian keuntungan yang didapat dari suatu usaha.
  • Gross profit sharing, yang dijadikan dasar perhitungan adalah gross profit (laba kotor), yakni penjualan/pendapatan usaha dikurangi dengan harga pokok penjualan/biaya produksi.
  • Revenue sharing, yang dijadikan dasar perhitungan adalah penjualan/pendapatan usaha.
Sumber : Wikipedia

3. Pengertian Surat Perjanjian Bagi Hasil
 adalah surat resmi yang mengikat untuk pembagian atas hasil usaha yang dibiayai dengan kredit/pembiayaan antara kedua belah pihak yang bersangkutan demi tercapainya kesepakatan yang jelas di awal terbentuknya perjanjian usaha.

4. Format Surat Perjanjian Bagi Hasil 
Judul : "Surat Perjanjian Bagi Hasil"
Identitas : Pembuat perjanjian pihak I dan II
Pasal-pasal : Isi perjanjian
Penutup : Bagian akhir
Tanda Tangan : Pembuat Perjanjian

Berikut ini saya contohkan dengan gambar namun kecil contoh surat pernjian bagi hasil antara kedua belah pihak yang ingin melakukan kerjasama.
Contoh Surat Perjanjian Bagi Hasil
Demikian lah surat perjanjian bagi hasil yang bisa saya jelaskan kepada anda semoga bermanfaat. Bagi anda yang ingin memiliki surat perjanjian bagi hasil silahkan Download disini. Jika anda butuh surat ini Jangan lupsa juga Share Artikel ini ke Sosial Media (Facebook/Twitter/G Plus) untuk teman anda. Terimakasih banyak atas kunjungannya salam Sista Nafi.

Share Fb
Share G+